Rabu, 30 Maret 2016

Cara Mudah dan Hemat Atasi Sakit Perut Akibat Menstruasi

Cara Mudah dan Hemat Atasi Sakit Perut Akibat Menstruasi
Artikel Kesehatan - Sakit perut merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada setiap orang yang mana biasanya akan mengalami nyeri yang berasa di bagian perut. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut adalah sembelit, perut kembung, diare dan sakit perut akibat menstruasi.

Obat-obatan untuk sakit perut sudah banyak dijual di apotek dan toko obat. Tapi tentu saja obat-obatan tradisional yang berasal dari bahan-bahan herbal alami yang lebih baik karena hampir tidak ada efek samping. Berikut adalah cara mudah mengatasi sakit perut menggunakan bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar lingkungan Kita :
  • Jahe
Manfaat tanaman jahe adalah besarnya luar biasa. Jahe memiliki anti-inflamasi dan anti-oksidan. Anda dapat memanfaatkan jahe untuk meredakan sakit perut. Selain itu, jahe hangat juga berguna untuk mengurangi mual dan muntah. Agar terasa lebih menyenangkan, Anda dapat menambahkan madu.
  • Hangat Air Garam
Air garam hangat juga bisa berkhasiat untuk mengobati sakit perut. Campurkan satu sendok teh atau dua garam dalam air hangat dan aduk rata. Segera minum air untuk menghilangkan rasa sakit perut.
  • Cuka Sari Apel
Salah satu solusi alami untuk mengobati sakit perut adalah cuka sari apel.Selain, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral. Zat-zat ini juga memiliki sifat anti-septik dan sangat efektif dalam mengurangi sakit perut. Caranya, mencairkan tiga sendok teh cuka sari apel dalam segelas air hangat suam. Minum tiga kali sehari sebelum makan.
  • Daun Mint
Selain berkhasiat untuk meredakan sakit perut dan kram, daun mint ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, mual dan muntah. Cukup untuk mengunyah daun atau minuman panas juga bisa dibuat.
  • Air Lemon
Lemon juga sangat efektif dalam mengurangi nyeri perut disertai mual dan muntah. Campurkan tiga sendok makan lemon dalam segelas air hangat suam. Minum tiga kali sehari.
  • Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat astringent. Selain mampu membunuh infeksi dan dapat menghentikan pendarahan internal, zat yang terkandung di dalamnya berfungsi menenangkan perut, meningkatkan pencernaan, menyembuhkan sembelit dan meredakan sakit perut dan kram. Membuat jus lidah buaya dalam segelas air dan makan setiap pagi.
  • Kompres Air Hangat
Metode ini terbukti sangat efektif untuk meredakan sakit perut. Isi botol dengan air hangat. Kemudian gunakan botol untuk kompres perut Anda sakit. Lakukan selama 5 menit dan ulangi sampai perut terasa nyaman.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan pada kali ini mengenai cara mudah dan alami dalam menghilangkan rasa nyeri dan sakit perut pada diri kita yang dapat diakibatkan oleh beberapa penyakit yang mungkin tidak terlalu berbahaya, tapi membuat kita tidak sehat dan fit karena sakit perut yang diderita.

0 komentar

Posting Komentar