Selasa, 28 Juni 2016

Berapa Lama Umur Penggunaan Make-up Kita?

Cobalah untuk mengecek meja rias atau isi tas seorang perempuan: hampir sebagian besar dari mereka memiliki kosmetik yang pastinya sudah disimpan hingga bertahun-tahun. Entah karena belum habis terpakai atau bahkan memang karena telah terlupakan. Make up sebagai salah satu produk perawatan kulit wajah rasanya nggak bisa lepas dari para perempuan. Akan tetapi, saking banyaknya koleksi kosmetik milik para perempuan, seringkali mereka lupa kapan sebenarnya umur kedaluarsa kosmetik tersebut. So, when exactly is it time to to toss out your old make-up? Here are some general guidelines :
alat make up
  • Maskara: 3 bulan. Maskara merupakan salah satu alat kecantikan yang memiliki umur pendek dibanding alat rias lainnya. Hal ini disebabkan karena maskara selalu digunakan ke arah mata sehingga dikhawatirkan menjadi lahan transfer bakteri dari mata kita ke dalam mascara tube. Beberapa media kecantikan dan beauty experts menyarankan bahwa sebaiknya kita mengganti maskara setiap 3 bulan sekali atau ketika maskara sudah terasa kering karena dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi mata.
  • Bedak dan liquid foundation: 6 bulan sampai 2 tahun. Jika terlalu lama disimpan,bedak dan juga foundation bisa menjadi sumber potensial bagi bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, bisa juga menyebabkan infeksi dan iritasi kulit. Semakin lama disimpan, liquid foundation akan menjadi streaky dan susah untuk diaplikasikan karena bagian liquid dan materialnya seolah terpisah. Sementara itu, bedak akan menjadi pecah-pecah dan terasa ‘kering’. Jadi, bedak sesungguhnya bisa dipakai hingga dua tahun dan liquid foundation untuk 6 bulan.
  • Lipstik dan Lip Gloss: 1 tahun. Ini dia nih alat rias yang pastinya berjumlah lebih dari satu di meja rias kita. Pasalnya, setiap perempuan pasti memiliki preferensi tersendiri soal warna lipstik. Nggak akan cukup deh kalau hanya punya satu lipstik! Kalau perlu, semua swatch warna lipstik yang kita suka harus ada dan tentunya dari berbagai merek. But, hey. Lipstik dan lip gloss sering bersentuhan dengan area mulut sehingga bisa menjadi kontak untuk bakteri di mulut ke ujung lipstik! Akan lebih bijak jika kita mengganti lipstik setidaknya satu tahun sekali atau ketika teksturnya sudah mulai keras dan smudgy.

Nah, setelah tahu umur kedaluarsa kosmetik, yuk mulai bersihkan kotak alat make up kita!

0 komentar

Posting Komentar