Kamis, 16 April 2015

Waspada Gejala Penyakit Kanker Serviks

Waspada Gejala Penyakit Kanker Serviks
Info Dunia Perempuan - Kanker serviks atau kanker leher rahim kini sering menjadi perbincangkan berbagai kalangan, baik kalangan umum, dunia kedokteran bahkan media offline atau online pun ikut membahasnya. Kanker leher rahim ini merupakan penyakit yang sangat ditakuti para wanita, bukan hanya di Indonesia namun seluruh wanita di dunia. Banyak kalangan khususnya para  wanita tidak sadar akan terkena penyakit ini, padahal menurut dokter kanker spesialis penyakit ini menyatakan bahwa wanita sangat rentan terkena penyakit kanker leher rahim dan khusus di Indonesia setidaknya setiap jam ada wanita yang meninggal akibat penyakit ini.

Mudahnya wanita terkena penyakit mematikan ini, karena tingkat kesadaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan khusus untuk daerah pribadi wanita ini secara rutin terbilang sangat kurang. Padahal menurut para ahli medis khususnya dokter spesialis kanker, justru penyakit kanker serviks ini justru tidak menimbulkan gejala ataupun keluhan apa pun pada tahap awal-awal. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan pada daerah leher rahim sehingga bisa mendeteksi kondisi dan perubahan yang terjadi pada daerah tersebut.

Para dokter spesialis penyakit kanker menginformasikan bahwa gejala –gejala dan juga keluhan justru akan terlihat ketika penyakit kanker serviks ini sudah berada pada stadium lanjut atau parah. Kondisi ini mengharuskan para wanita harus lebih waspada gejala penyakit kanker serviks ini. Adapun gejala-gejala yang akan ditimbulkan ketika kanker serviks ini sudah parah meliputi :
  • Terjadi gangguan keputihan yang sudah parah, seperti mengeluarkan bau yang tidak sedap bahkan bercampur dengan darah
  • Terjadi pendarahan di luar jadwal atau masa menstruasi
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur, bahkan jauh lebih lama daripada biasanya
  • Masih terjadi pendarahan setelah melewati masa menopause
  • Terjadi pendarahan dan terasa nyeri ketika melakukan hubungan suami istri
  • Terjadi pendarahan ketika selesai melakukan pemeriksaan panggul atau pembersihan alat kelamin (doucing)
  • Panggul akan sering sekali terasa sakit dan nyeri
  • Berat badan turun secara drastis dan tidak ada hal yang menyebabkannya.
Cara terbaik untuk bisa terhindar dari penyakit kanker serviks ini, jangan menunggu terlalu lama hingga gejala-gejala di atas timbul. Segera lakukanlah pemeriksaan kesehatan daerah serviks Anda, dan lakukan itu dilakukan secara continue. Selain untuk menjaga kesehatan daerah serviks tersebut, pemeriksaan leher rahim sedini mungkin bisa mencegah lebih banyak lagi pasien yang meninggal karena terkena penyakit kanker serviks ini. -apuy-

0 komentar

Posting Komentar